, ,

Mainan Anak Aman

Saat usia 4-6 bulan bayi mulai mendapatkan gigi susunya yang pertama. Saat itu pasti gusinya terasa tidak nyaman atau bahkan nyeri, jadi mereka membutuhkan sesuatu untuk “melupakan” ketidak nyamanan yang dirasakannya. Sekarang banyak sekali produk-produk yang memang ditujukan untuk fungsi ini, teether, atau sebagian menyebutnya gigit-gigitan.

Mainan anak seperti ini banyak sekali dijual di toko-toko mainan. Ragam bentuk dan bahan yang digunakan juga beragam, namun umumnya bahan yang digunakan adalah lateks. Bahan lateks ini tergolong aman dan cukup lembut saat digigit oleh bayi. Biasanya di dalamnya diisi oleh gel atau air, yang berisi gel biasanya terasa lebih dingin saat digigit, sehingga mengurangi rasa gatal atau nyeri pada gusi si kecil.

Di Mainan Anak juga menyediakan ragam teether untuk balita dan bayi. Desainnya juga disesuaikan dengan usia si kecil. Untuk bayi berusia 4 bulan, pilih bentuk yang lebih kecil, sehingga dia tidak kerepotan ketika memegangnya. Untuk bayi yang lebih besar, bisa menggunakan teether dengan bentuk yang lebih besar.  Biasanya dalam kemasaan produk ada petunjuk untuk usia. Karena teether untuk usia 4 bulan mempunyai kepadatan yang berbeda untuk yang usia diatasnya.

Tapi ingat untuk mencuci bersih setiap kali teether tidak digunakan oleh si kecil. Kebersihan harus tetap dijaga untuk mencegah kuman-kuman yang masuk ke mulut si kecil. Aturan mencuci juga ada disertakan di kemasan produk. Ada beberapa jenis teether yang hanya dicuci dengan air panas, atau bahkan harus direbus dahulu, untuk menjaga higenitasnya. Namun dapat juga menggunakan produk pembersih khusus untuk bayi. Setelah itu taruh di wadah khusus agar tidak terkontaminasi, dan simpan di lemari es. Jangan diletakkan di freezer, karena malah bisa merusak theether. Theether bisa menjadi mainan anak yang aman dan berguna bagi si kecil.

Be Sociable, Share!